Pages

Ads 468x60px

Minggu, 19 Agustus 2012

Kacamata Masadepan


Waktu itu pas lagi bulan ramadhan. Lagi puasa, tapi Alhamdulillah gue kuat. Mungkin karena udah gede. Semakin gede kayanya semakin kuat. Jangan mikir aneh-aneh dolo dong, haha.

Saat kuliah gue sering duduk di belakang. Alasannya adalah karena kos gue jaraknya cuman nyebrang dari kampus. Sekarang udah pindah ke Banjarmasin. Tinggal di rumah tapi jauh banget jaraknya, enaknya makan udah siap santap, Alhamdulillah. Waktu di Banjarbaru gue ngekos, jalan kaki juga sampe.  Tapi karena gue orangnya hemat, saking hematnya gue enggan mengeluarkan sedikit tenaga gue. Coba lo banyangin jalan kaki itu keluar banyak banget ATP (yang nggak tau baca buku SMA). 

Akhirnya gue ke kampus pake motor kesayangan gue. Yaiya lah kesayangan cuman satu-satunya, ehehe. Jaraknya itu sebenarnya deket banget, kalo gue melawan arus dikit, trus baru belok di tikungan. Kalo kepagian banyak polisi jadi muter di bundaran, huhh. Nah terus gue datang ke kampus sering beberapa saat sebelum jadwal. Insya Allah ga bakal telat. Bisa juga sih telat kalo pas mo pergi lupa ini itu.

Nah, terus gue kuliah duduk di bangku belakang. Tiba-tiba gue ga ngeliat slide dosen yang tulisan kecil-kecil kaya amuba. Gue kira emang tulisannya harus dilihat pake mikroskop, eh ternyata mata ague bermasalah. Waktu itu temen yang kebetulan duduk di sebelah gue, Yogi (panggilannya Igoy) bilang kalo gue minus (baca:mines). Dia ngetawain aja sambil bilang “ udah tua lo yum” (itu kalo pake bahasa gaul, sebenarnya pake bahasa daerah aj kok “tuha dah nyawa nih yum ae”)

Terus karena waktu kuliah jadwal padat, shooting kejar tayang, sama rekaman, gue ga bisa konsul buat mata gue yang indah ini. Kita harus bersyukur pada nikmat luar biasa ini. Masih untung lo bisa baca cerita gue ini, ya gak? Apa jadinya kalo ga ada mata. Ga bisa liat pemandangan, ga bisa liat teknologi, ga bisa liat cewe, ga bisa liat #sensor# (sound:toot). Banyak banget kan ruginya, ya kita sama-sama ngucapin Alhamdulillah. Lah kok gue kaya ust. Maulana sekarang sekalian aja jamaah ohh jamaahh.

Trus liburan. Bagi mahasiswa liburan bukan liburan sesungguhnya, karena masih banyak yang di urus. Urus bayar spp. Ikoma, kos, laundry, pulsa, akademik. Belum lagi kegiatan organisasi yang bertambah di kala liburan. Tapi gapapa bro, nikmatin aja, toh semua ada hikmahnya, aminn.

Setelah liburan sebentar bertepatan dengan bulan puasa. Terus banyak waktu kosong gue gunakan untuk beribadah kepada Allah SWT, eiss. Dan gue keingat buat ngurus ni mata supaya menjaganya tetap indah dan dapat dipergunakan dengan baik. Tujuan utamanya adalah supaya gue bisa liat tulisan amuba di slide kalo lagi duduk di belakang. 

Gue lupa hari apa gue pergi kepuskesmas buat diminta rujukan. Beres rujukan langsung menuju rumah sakit. Sengaja ke puskesmas dulu. Karena lumayan kan buat korting beli kacamatanya pake askes. Tanya sana tanya sini, loket sana loket sini, akhirnya tiba saat gue konsultasi sama dokter spesialis mata.

Saat itu gue ditemenin sama ayah. Dan kebetulan di poliklinik mata itu ga ngantre, cuman ada 1 orang di dalem nunggu keluar. Gue pun akhirnya masuk. Ruangannya dingin kaya di kutub utara, terus ada 3 beruang di dalam sana. Bukan , 2 orang petugas, 1 orang dokternya. Begitu gue masuk dokter itu lagi bicara sama cewe, mungkin perawat tapi ga mau nebak-nebak deh. Trus ditanya lah gue “pesan apa de?”. Gue bingung… Dalam hati “di jawab apa ya ini, perasaan lagi puasa”. Namun ternyata itu cuman dipikiran gue, itu memori saat di warung. Trus ditanya lah gue “sakit apa?”. Bapa-bapa itu kulitnya item, mukanya kaya india dia nanyain gue sambil senyum bingung. Gue balas dengan senyum frustasi “ga bisa liat jauh pak”.

Langsung gue di suruh duduk. Pake kacamata agak aneh, tapi ga pake kaca. Kacamata itu bolong, sebelah kirinya udah di kasih penghalang, jadilah kacamata sebelang bolong. Kaya judul film aja nih, ckck. Sekarang gue tanya, kacamata yang ga pake kaca di sebut apa? Kalo pake plastik, plastikmata. Kalo pake fiberglass, fiberglassmata. Anehnya apapun bahannya, minumnya??? Jawab sendiri ya males promosi. Anehnya orang-orang tetap bilang itu kacamata.

Kemudian gue dihadapkan pada sebuah layar, yang di dalamnya ada angka-angka acak dan gue di suruh sebutin. Asalnya angkanya gede, kemudian kecil, kecil lagi, amuba. Yah gue menghela nafas, amuba selalu meneror gue. Yang gue liat angka itu ga jelas dan berbayang, seakan-akan itu amuba mebelah diri kalo diliatin. Tidak ingin amuba itu berkembang biak gue mengalihkan pandangan ke cewe perawat tadi. Harapannya dia mau berkembang biak bersama gue, ah indahnyaaa.. Pikiran indah itu dihentikan oleh bapa india dengan senyum bingung tadi.

“Pake ini gimana? Jelas?” bapa tadi nanya sama gue sambil memasukkan lensa ke dalam kacamata bolong sebelah tadi. “lumayan pa udah kelihatan” sahut gue. “kalo yang ini? Jelas?” bapa india dengan senyum bingung tadi membuka celananya. “ Wah jelas banget pa, item” sontak gue kaget. “ini berapa?” kata bapa india. “angka satu pa, jelas besar item” sambil menutup mulut kalo-kalo gue ga bisa menahan muntah. Setelah gue kucek-kucek mata gue sadar mengkhayal. 

Sebenarnya, bapa tadi mencoba beberapa lensa. Sampai akhirnya gue melihat pemandangan jadi putih bersih. Pemandangan putih itu berasal dari perawat yang sedang membuka bajunya, waww. Stop, kali ini kyalan gue mulai membahayakan. Sedikit ceramah yang sering gue kutip. Banyak orang berpuasa tapi tidak mendapatkan pahala, yang didapat hanyalah lapar dan haus. Maksudnya puasa sesungguhnya adalah menahan pikiran lisan perbuatan kita dari hal negatif.

Setelah pandangan gue bersih jelas dan tidak berbayang, maka dicobalah mata sebelahnya lagi (tadi kanan sekarang kiri). Bergonta-ganti lensa, akhirnya dapat yang juga bersih jelas dan tak berbayang. Trus gue disuruh jalan-jalan, supaya dilihat pusing apa enggak. Gue ngerasa agak aneh karena belum pernah pake kacamata sebelumnya.

Yang gue bingung sang dokter asyik berbicara masalah birokrasi kampus gue. Dia mengkritik ini dan itu dan perawat tadi tetap ga pake baju. Udah pake kok tenang. Lanjut dia membicarakan masalah pembiayaan dan macam-macam terus dia bilang “iya ga de?”. Gue tertawa “hahaha” sambil buka celana. Akhirnya pemeriksaan gue selesai. Bapa india tadi make celana, perawat tadi make baju.

Tidak cukup di situ. Ketika gue duduk sebelah ayah gue sambil ngobrol-ngobrol, eh tiba-tiba dia nanya “iya ga de?”. Gue tertawa “hahaha” sambil buka celana. Sialnya kali ini gue kejepit resleting. Namun akhirnya dia malah ngajak bicara, nanya tentang status gue. “kamu mahasiswa”? “iya dok” “program studi apa?” “kedokteran dok” “semester berapa?” “naik semester tiga dok”.

Terus dia ngomong gini ke ayah gue “mumpung masih semester tiga pak, mending pindah saja sekarang. Semua keponakan saya ga ada yang saya rekomendasikan jadi dokter. Kalo mau kaya jangan jadi dokter pak. Coba bapak hitung berapa biayanya per bulan kalikan sampai dia tamat, lebih baik bapak beli ruko pak sewakan dapat keuntungan 10% sampai tamat”. Jleb, sontak gue berak dicelana. Ada apa ini? Apa yang terjadi? Setelah gue raba bokong gue, gue merasa ada yang basah dan baunya agak amis kaya mencret.
Yang bener, jleb, gue kanget bingung. Ada apa ini? Apa yang terjadi? Seorang dokter malah tidak merestui anak didiknya. Sama saja dia tidak menyukai dirinya di masa lalu.

Kemudian di melanjutkan ceritanya ke ayah gue “Jadi dokter itu susah pak, sekolahnya lama. Bayangkan pak yang daftar puluhan ribu yang diambil seratus dua ratus. Terus lama kuliah 4 tahun itu kalo cepet pak. Belum lagi nanti koass 2 tahun dihajar sama senior dan dosen, kalo lulus juga pak. Setelah itu mau jadi dokter harus ujian pula pak. Sudah lulus ujian mau kerja tes lagi pak. Sekarang ini para petinggi sama pejabat itu kan punya anak keponakan sanak saudara, itu yang diutamakannya pak. Susah pak, apalagi kalo cuman dokter biasa gajinya segitu-segitu aja. Mau jadi spesialis harus siap dana minimal 500 juta pak. Kalo mau jadi dokter itu kalo ga pinter banget, ya kaya banget pak.” Dokter itupun bercerita pada setiap detilnya mulai dari masuk, kuliah, koass, sampe spesialis. Kisahnya luar biasa, seperti tidak ada habis-habisnya setiap ceritanya penuh dengan perjuangan dan filosofi-filosofi menarik. 

Banyak sekali petuah-petuah serta kata-kata bijak yang disampaikan ole sang dokter tadi. Beliau melanjutkan ceritanya “ini bukan apa-apa lo pak, saya sebenarnya maksudnya sharing aja. Memang begitulah adanya sekarang ini dan begitulah dulu susah payah  saya sampai bisa menjadi seperti  sekarang ini. Saya bukannya mau menjatuhkan atau menyuruh anak bapak pindah, tapi saya ingin memberi motivasi kepada anak bapak. Bahwa sebenarnya rintangan-rintangan seperti itu dapat kita lalui dengan kerja keras. Kalo mau bekerja keras tentu dapat banyak upahnya, kalo tidak ada kerja mana dapat upah.” Pandangan dokter beralih ke gue “jadi kamu jangan malas, kalo orang lain belajar 2 jam, kamu 3 kalinya belajar, 6 jam. Bekerja lah lebih keras daripada yang lain. Kalo ada tanya jawab tunjukkan bahwa kamu belajar dan bisa menjawab. Kalo ada praktek tunjukkan bahwa kamu ahli dibidangnya. Dokter yang hebat itu kalo pasien keluar dari ruang prakteknya dengan tersenyum maka kamu tinggal tunggu callingan dia. Banyak nanti pasienmu, yang penting kamu dapatkan hatinya. Juga hati senior dan dosenmu. Maka kamu akan mudah dalam kesuksesan. Kalo mau mudah ya harus susah dulu. Jadi kamu sekarang benar-benar belajar, kasian bapa kamu menyekolahkan mahal-mahal, kamu malah malas-malasan. Lalu pandangan beralih ke ayah gue lagi “bukan apa-apa ini pak saya cuman sharing dan mau member motivasi.”

Kebetulan saat itu tidak sedang ada pasien yang menunggu. Dan satu orang dokter lagi masuk, terus menanyakan asal kami. Ayah dan ibu gue orang padang. Karena sang dokter yang baru masuk orang lampung, mereka akhirnya berbicara satu bahasa. Dokter spesialis mata dan yang lain tertawa bersama-sama. Ayah gue pun sangat berterima kasih atas nasehat yang diberikan dokter tadi. Luar bias ague sampai keringat dingin di ceritain pengalaman hidup ini itu. Gue daritadi udah liat jam dan sekarang jam 1, itu artinya udah setengah jam gue, ayah, sama dokter ini ngobrol.

Gue lumayan merasa penat. Sementara bapa india dengan senyum bingung dan perawat cuman diam sambil menyelesaikan berkas-berkas. Gue sebenarnya ada rasa ga enak juga, tapi dokter ini asyik banget memceritakan kisah hidupnya serta nasehat-nasehat luar biasa. Akhirnya ayah dan gue saling bersalam dengan dokter, perawat, dan bapa india dengan senyum bingung. Kemudian melangkah keluar meninggalkan ruang praktek. Gue tersenyum dan tertawa bersama ayah gue ketika keluar. Terima kasih dokter, doakan saya jadi dokter yang sukses. Akan saya ingat dan terapkan nasihat dokter tadi. Semua kisah hidup dan nasihat luar biasa tadi gue jadikan sebagai Kacamata Masadepan…

0 komentar:

Posting Komentar